3 cara jitu menaikkan omzet penjualan toko kitaFEATURED 

Ideabox Bootcamp Top 15
Geraiku.id masuk Top 15 Indosat Ideabox bootcamp 2017
27/01/2017
Tim Geraiku
Geraiku masuk sebagai Finalis Ideabox batch 4 2017FEATURED 
17/02/2017

Banyak cara untuk meningkatkan volume penjualan atau istilahnya “omzet”. Tapi apa sebenarnya itu omzet dan bagaimana menaikkannya?

Omzet menurut kamus besar bahasa Indonsia artinya adalah sebagai berikut; omzet/om·zet/ /omzét/ n jumlah uang hasil penjualan barang (dagangan) tertentu selama suatu masa jual. Bagi pedagang omzet menjadi penting karena itu adalah landasan utama dalam menjaga ekonomi usaha yang akan berdampak pada uang yang dibawa pulang baik sebagai gaji karyawan maupun keuntungan.

Tapi omzet itu bukan keuntungan, keuntungan pun bukan laba. Sementara yang di-inginkan oleh setiap pedagang adalah laba, dengan adanya laba maka usaha bisa berkembang dan karyawan pun bisa direkrut dan tentunya perolehan dapur pun meningkat. Mari kita baca arti kata laba sekali lagi menurut kamus besar; laba/la·ba/ n 1 selisih lebih antara harga penjualan yang lebih besar dan harga pembelian atau biaya produksi; keuntungan (yang diperoleh dengan menjual barang lebih tinggi daripada pembeliannya, membungakan uang, dan sebagainya)

Nah, bagian dari semua usaha berbasis perdagangan dibutuhkan omzet dengan laba yang cukup untuk membesarkan usaha dan meningkatkan keuntungan. Sedangkan keuntungan atas omzet belum tentu laba meningkat hanya jumlah penjualan yang naik.

Kembali ke topik kita bagaimana meningkatkan omzet, ada beberapa cara dan diantaranya adalah sebagai berikut:

Promosi

Mempromosikan sebuah usaha adalah memperkenalkan usaha kita kepada calon pembeli yang kita harapkan akan menjadi pelanggan pada akhirnya. Salah satu cara termudah melakukan promosi adalah dengan mengundang calon pembeli untuk mampir ke tempat kita dan menawarkan barang yang kita sedang jual. Tentunya cara mengundang pun perlu dipertimbangkan, tidak perlu berteriak teriak atau memanggil tapi bagaimana mengundang layaknya mengundang seseorang untuk bertamu di rumah kita; dengan ramah, dengan senyum, dengan tutur kata yang baik dan jika perlu kita benahi rumah kita atau kita harumkan toko kita agar tamu mau untuk singgah yang pada akhirnya membeli. Jangan lupa jika pembeli sudah melakukan transaksi ucapkan terima kasih dengan senyum. Ini adalah cara promosi paling mudah dan akan selalu di-ingat oleh pelanggan.

Cara lainnya? Tentu ada dan banyak variasinya namun membutuhkan biaya seperti mencetak brosur dan menyebarkannya, membuat acara di toko seperti panggung dangdut atau lainnya. Tapi ini makan biaya yang tidak sedikit dan lebih rumit daripada mengundang dengan senyum dan tata krama.

Bagaimana jika kita agak kuper atau sungkan? Well, salah satu fitur di aplikasi Mitra Geraiku adalah mengundang calon pembeli langsung melalui fasilitas WhatsApp. Jika kita memiliki beberapa nomor hape calon pembeli kita dengan mudah bisa kita undang ke warung kita di Geraiku, tentunya kata-kata manis promosi tetap digunakan tapi setidaknya kita tidak perlu bertatap muka, cukup di ketikkan saja.

Layanan Pelanggan atau Konsumen

Salah satu kemampuan kita sebagai manusia adalah melayani dan kewajiban kita sebagai pedagang dan pemilik usaha adalah melayani pembeli kita sebaik mungkin. Sudah kami sampaikan diatas tentang melayani dengan senyum dan tata krama yang baik, lalu apa itu Layanan Pelanggan?

Istilah modern untuk layanan pelanggan adalah “Customer Service” dimana pembeli bisa bertanya atau berkeluh kesah tentang barang yang telah dibelinya maupun yang akan dibelinya. Contoh sederhana: Seorang pembeli baru saja membeli 1KG telur di warung kita namun ternyata tidak membawa uang yang cukup. Apa yang akan kita lakukan? Menolak memberikan telur yang akan dibeli dengan alasan harus dengan uang sesuai nilai pembelian, atau tetap menjual telur sesuai keinginan pembeli dengan catatan bahwa kekurangannya bisa dibayar belakangan? Apapun pilihan Anda itulah Layanan Pelanggan. Jika Anda memilih untuk tetap menjual telur sebanyak 1KG walaupun pembeli tidak membawa uang yang cukup, maka Anda telah melayani pelanggan Anda dengan sepenuh hati, Anda ikhlas. Pembeli pun akan memahami hal tersebut dan bisa dipastikan ia akan kembali datang setidaknya untuk membayar kekurangan sekaligus berbelanja kembali di tempat Anda.

Nah, jika kita melakukan Layanan Pelanggan tersebut dengan baik maka para pembeli akan menjadi promotor kita tanpa kita minta. Mereka akan secara suka rela mempromosikan toko Anda, layanan Anda yang baik dan kebijakan Anda berdagang. Walaupun hutang piutang tetap perlu dijaga dan dicatatkan, jangan sampai tiba saatnya kita ditagih supplier uang kita tidak cukup.

toko dan warung terlihat di Geraiku

Posisi toko dan warung terlihat di Geraiku

Layan Antar

Layan Antar atau istilah kerennya “Delivery Service” sebetulnya adalah cara mempromosikan usaha Anda dan mendekatkan diri dan dagangan kita langsung ke pembeli. Pernah dengar “Jemput Bola”? Nah layan antar adalah metodologi jemput bola dimana kita bawa sebahagian toko kita langsung ke depan pintu para calon pembeli. Tukang sayur keliling adalah toko bergerak yang sekaligus layan antar, ia akan selalu memiliki pelanggan tetap, pelanggan yang suka dengan senyumnya, dengan humornya dan akan tetap membeli walaupun harga naik sekalipun.

Sekarang bagaimana kita terapkan konsep Layan Antar untuk warung kita yang tidak bergerak? Pertama, lakukan promosi bahwa Anda bisa mengantar barang yang dibutuhkan pembeli. Kedua, jangan lupa berikan nomor telpon yang bisa dihubungi oleh pembeli. Ketiga, setiap ada pesanan jangan tunggu terlalu lama untuk menyelesaikannya, setidaknya dalam waktu setengah jam kita sudah mengirimkan barang yang mereka inginkan.

Jika tidak memiliki karyawan untuk mengantar, gunakan jasa ojek, tukang becak atau remaja yang sedang membutuhkan uang jajan. Setidaknya kita juga sudah berbagi rezeki dengan orang lain yang tanpa kita ketahui mungkin sedang sangat membutuhkan.

Salah satu bagian dari layanan Mitra Geraiku adalah membantu mempromosikan jasa Layan Antar atau untuk Anda memulai memiliki jasa Layan Antar. Dengan aplikasi Geraiku calon pembeli tahu bahwa Anda akan mengantar barang yang mereka inginkan. Andapun sebagai pemilik usaha akan menerima pesan jika ada pesanan yang masuk kapanpun.

Nah, bagaimana menurut Anda? Apakah kita siap untuk mulai menaikkan Omzet usaha kita? Jika ya, mari kita bergabung bersama melalui layanan Mitra Geraiku

Herwinto Sutantyo
Herwinto Sutantyo
Disruptive thinker and the hustler in Geraiku. Herwinto is a former telco guy, FMCG, advertising and was educated as a graphic designer. He loves the great outdoor sport.

Tinggalkan Balasan